Cara Setting TP-LINK TD-W8951ND Sebagai Access Point

Sebelum melanjutkan ke inti pembahasan artikel ini berikut saya berikan gambaran berupa topologi jaringan yang saya pakai, dimana modem ADSL TDW8951ND akan dijadikan sebagai access point dan di setup dengan IP 192.168.11.10 (disable dhcp) dan memiliki router mikrotik dengan IP 192.168.11.1 (enable dhcp) dibelakang access point sebagai router gateway nya.
Pertama reset terlebih dahulu modem nya agar setingan nya kembali ke setalan pabrik => kemudian koneksikan laptop ke port internet di modem menggunakan kabel UTP.
Kalau laptop sudah di koneksikan ke modem maka secara otomatis laptop akan mendapatkan IP DHCP dari modem => buka web browser kemudian ketikkan IP address 192.168.1.1 di URL bar browser => masukkan username dan password admin.
Setelah berhasil login ke halaman konfigurasi nya biasanya kita akan langsung di arahkan ke halaman Status, karena di bagian Status ini tidak ada yang harus di konfigurasi maka langung saja klik menu Interface Setup ~> LAN kemudian isi dan tentukan parameter berikut :
IP Address = 192.168.11.10
Subnet Mask = 255.255.255.0
Dynamic Route = RIP2-B
Direction = Both
Multicast = IGMP v2 IGMP
Snoop = Enable
DHCP = Disabled
Untuk IP address nya silahkan sesuaikan dengan IP address yang di dapatkan dari router. Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih jelas nya

Karena DHCP Server dari modem nya sudah kita disable, jadi otomatis laptop kita akan disconnect karena tidak mendapatkan IP address dari si modem, agar bisa konek lagi ke modem maka kita harus setting IP statik di laptop, silahkan lihat gambar dibawah untuk contoh setingan IP address di laptop nya.
Kemudian lakukan test PING dari laptop ke IP address modem yang baru, pastikan hasil ping nya sudah reply yang mengindikasikan laptop sudah bisa terkoneksi dengan baik ke modem.
ping 192.168.11.10 

Kalau dari hasil test ping sudah reply seperti gambar diatas, sekarang kita akses IP address modem yang baru yaitu 192.168.11.10 di URL bar browser, masukan username dan password admin.
Sekarang kita setting SSID dan password wifi nya, caranya klik menu Interface Setup ~> Wireless kemudian ganti nama wifi dengan yang sobat inginkan di kolom SSID, jangan lupa juga ganti password nya pada kolom Pre-Shared Key seperti gambar dibawah

Terakhir, kita ganti password untuk login admin nya agar tidak sembarangan orang yang konek ke wifi bisa mengakses halaman konfigurasi, cara nya klik menu Maintenance => Administration kemudian isikan password yang baru di kolom New Password dan Confirm Password, kalau sudah klik tombol Save.
Sampai disini semua konfigurasi nya sudah selesai, silahkan hubungkan modem TP-LINK TD-W8951ND dengan router utama, dalam contoh kali ini saya hubungkan ke router mikrotik. Scan SSID atau nama wifi nya kemudian koneksikan laptop ke wifi yang sudah selesai di setting.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
19 Juni 2019 pukul 09.50 delete

ketika saya connect dari modem adsl, kok bandwidth management nya tidak bekerja ya gan ?

Reply
avatar

Disqus Shortname

Comments system