Konfigurasi Manajemen Bandwidth User Hotspot Mikrotik Dengan Queue Tree

Pada kali ini saya akan mencontohkan manajemen bandwidth user hotspot mikrotik dengan queue tree limitasi/batasan kecepatan bandwidth share pada group username yang berbeda.

Contoh kali ini adalah kita akan membuat jaringan hotspot pada kantor, dan akan membuat kebijakan:
  • User Profile "Karyawan", yang akan mempunyai limitasi bandwidth share Up To 2Mbps. 
  • User Profile "Tamu", yang akan mempunyai limitasi bandwidth share Up To 1Mbps.

Setting User Profile "Karyawan"


Kita set/buat User Profile untuk username untuk "Karyawan" yang nantinya mempunyai limitasi bandwidth maksimal 2Mbps untuk semua "karyawan". Dan hanya menggunakan 1 username (Shared User)

Lalu buat users di hotspot seperti gambar dibawah


Setting User Profile "Tamu"
Kita set/buat User Profile untuk username untuk "Tamu" yang nantinya mempunyai limitasi bandwidth maksimal 1Mbps untuk semua "Tamu". Dan hanya menggunakan 1 username (Shared User)

Lalu buat users hotspot seperti gambar dibawah


Terlihat saya set parameter pada opsi "Incoming-Packet-Mark & Outgoing-Packet-Mark" karena pada contoh ini akan menggunakan Queue Tree untuk manajemen bandwidth hotspot dengan packet-mark yang dibuat otomatis oleh Hotspot-User Profile.

Marking paket yang otomatis oleh User-Profile diperlukan mangle dengan action=jump ke chain=hotspot agar tehnik ini dapat berjalan. Karena packet-mark yang dibuat otomatis oleh Hotspot-User Profile berada pada chain=hotspot.



Jika ada User Hotspot yang Login maka akan terdapat otomatis rule mangle mark-packet baru yang ditambahkan oleh User-Profile yang sudah kita buat sebelumnya.


Dengan mangle tersebut bisa kita terapkan manajemen bandwidth menggunakan Queue Tree. Disini kita akan membuat bandwidth share /upto per group client hotspotnya.


Manajemen Bandwidth 
Pada step ini kita akan set manajemen bandwidth hotspot mikrotik menggunakan queue tree. Step pertama kita tentukan parent Total Bandwidth Download & Uploadnya.


Kemudian kita buat Child Parent untuk "karyawan", dengan limitasi maksimal download 2mbps dan upload 512kbps untuk group semua user karyawan.


Terakhir kita buat Child Parent untuk "tamu" dengan limitasi maksimal download 1mbps dan upload 512kbps untuk group semua user tamu.


Hasilnya akan menjadi seperti ini :


Dan ini hasil dari speedtest :

Speed Test Karyawan
Speed Test Tamu
selesai...


itulah cara Konfigurasi Manajemen Bandwith User Hotspot Mikrotik dengan Queue Tree, jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaafkan... sekian dan terima kasih.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Disqus Shortname

Comments system