Konfigurasi Virtual AP Pada Mikrotik

Virtual AP pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface wireless adapter saja dapat membuat banyak SSID. Contoh fungsi dari fitur Virtual AP adalah saat ingin membuat masing­masing SSID untuk kantor, Dimana satu SSID digunakan untuk karyawan dan yang satunya lagi untuk tamu kantor. Anda dapat membuat hal tersebut dengan satu buah RouterBoard Mikrotik yang memiliki satu buah interface saja dengan memanfaatkan Virtual AP.


Cara Konfigurasi Virtual AP Pada Mikrotik :

Catatan : pada konfigurasi ini saya menjadikan wlan1 sebagai mode station jadi saya mengambil internet dari SSID lain kemudian dibuat SSID baru.

1. Masuk di mikrotik melalui winbox


2.klik pada bagian wireless lalu enable wlan1


3.setelah di enable, klik tab Security profiles, isi name misalnya profile 1 lalu masukkan password dari profile 1 yang ingin di sambungkan di bagian wpa pre­shared keys dan wpa2 pre­shared keys.


4.Kemudian buat lagi security profile untuk wlan2 pada bagian ini password boleh diisi sesuai keinginan

5. setelah itu buka tab wireless, klik dua kali wlan1 lalu klik tombol scan, setelah klik tombol scan lalu connect SSID yang ingin disambung, Contoh SSID = mantis. Setelah itu set security profile yang telah dibuat untuk SSID mantis(security profile name = SSID mantis)


6.setelah itu, klik pada tab IP, DHCP client add interface=wlan1


7. setelah menambahkan dhcp client, klik tab IP, routes add gateway =wlan1


8.setelah itu, klik tab IP > firewall > nat > add, lalu pada bagian general chain=srcnat, Out interface=wlan1


9.lalu pada tab bagian action ganti menjadi masquerade


10.setelah setting Firewall, klik bagian IP>dns, isi servers 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 lalu centang allow remote requests.


11. setelah melakukan konfigurasi di atas, seharusnya sudah bisa melakukan ping 8.8.8.8 pada terminal di winbox dan jika reply, langsung lanjut ke tahap membuat Virtual AP. 

12.klik tab interfaces >Add > virtual 


13.setelah di add, klik bagian wireless, disini saya set SSID = POSITIF master interface wlan1 dansecurity profile = password virtual ap


14.setelah itu buat ip untuk wlan2 dengan cara, klik tab IP> addresses kemudian isi ip sesuai keinginan, disini saya menggunakan ip 192.168.7.1/24, interface wlan2. 


15.setelah membuat ip pada wlan2, buat dhcp server dengan cara, Klik tab IP> dhcp server> dhcp server setup lalu next sampai selesai


16. selesai... 

Itulah Langkah ­ Langkah cara Konfigurasi Virtual AP pada Mikrotik, jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaafkan, Sekian dan terima kasih... 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Disqus Shortname

Comments system